Yotam Stefanditya: Nama Saya Yotam....

2013/02/02

Nama Saya Yotam....

 

-->
Nama saya Yotam Stefanditya, biasa dipanggil Yotam. Namaku ini memang unik, dan terdengar agak asing. Aku sendiripun juga belum pernah bertemu orang yang bernama sama dengan aku. Bahkan selama 12 tahun aku sekolah tidak ada seorangpun yang bernama seperti aku, baik itu teman seangkatan, kakak kelas, adik kelas, sampai guru dan karyawan. Tapi ada enaknya juga sih soalnya orang jadi gk susah mencariku soalnya cuma ada 1 yang bernama “Yotam”. Hahaha. Trus... kalau saat lihat daftar absensi juga gampang, tinggal lihat yang bagian bawah dan juga gk mungkin salah liat nama teman. Banyangin aja kalau 1 kelas ada 2-3 nama yang sama kan ribet, guru juga kalau manggil harus pake nama blakang. Contohnya nih.. waktu SMP dikelasku ada 4 orang yang namanya Ivan. Nah kalau masukin nilai harus manggil pakek nama lengkap. Trus ada juga nama Yohanes, karena sekolahku sekolah Katolik jadi banyak banget yang namanya Yohanes, minimal 2 orang yang namanya Yohanes, itu sekelas bukan seangkatan. Ckckckck.
Tapi bagi orang yang sekolah teologi, pendeta dan sebagainya tahu soal namaku. Dulu waktu kelas 4SD pernah ditanya sama seorang pendeta tentang namaku, ya karena aku gak tahu ya ku jawab gak tahu. :| lalu dia bilang kalau namaku tu nama Raja Yehuda. Wewh???!!! Karena penasaran aku coba cari sendiri di Alkitab, berhubung waktu itu belum ada Alkitab elktronik ya aku carinya lewat Alkitab biasa. Dan akhirnya ku temukan namaku di Alkitab :D Tepatnya di 2 Raja-raja 15:32-38. Disana diceritakan riwayat singkat tentang Raja Yotam, terlalu singkat mungkin. Hahahaha. Tapi yang jelas kumengerti adalah Yotam, Raja Yehuda yang melakukan hal yang benar dimata Tuhan. Masih penasaran dengan siapa Yotam yang Alkitab ceritakan aku mencari tahu lagi. Kulihat di bawah judul perikop ada kitab yang menceritakan tentang diriku. 2 Tawarikh 27:1-9, dan ternyata disana lebih lengkap. Hehehe.
2 Tawarikh 27:1-9 mulai kubaca dan kudalami apa yang dituliskan disana (gaya banget -____-) hahahaha. Dari kitab itu ku tahu beberapa hal diantaranya Yotam menjadi raja saat berumur 25 tahun dan memerintah selama 16 tahun. Ayahnya bernama Uzia, dan ibunya Yerusa. Dia melakukan hal yang benar di mata Tuhan hanya dia tidak memasuki Bait Tuhan, tapi rakyatnya masih berbuat dosa (2 Tawarikh 27:2) . Sedikit kecewa saat baca bagian ini tapi tak apalah memang begitu bunyi firman Tuhan. Hal yang dilakukannya saat menjadi raja antara lain mendirikan Pintu Gerbang Tinggi, pembangunan tembok Ofel, mendirikan kota-kota dipegunungan Yehuda, membangun benteng-benteng, menara-menara serta beperang dan menang melawan bani Amon. Trus ada nih ayat yang memotivasiku untuk lebih dekat dengan Tuhan. 2 Tawarikh 27:6 Yotam menjadi kuat, karena ia mengarahkan hidupnya kepada TUHAN, Allahnya. Hahaha. Bener banget deh ni ayat. Buat aku semakin ingin hidup dalam Tuhan.
Berawal dari seorang pendeta yang bertanya akhirnya aku tahu arti dari namaku. Orang tuaku juga tak asal memberi nama ini, dan ini juga bukan kebetulan semata. Aku yakin dan percaya suatu saat nanti aku akan seperti Raja Yotam, sukses dalam segala hal yang kukerjakan. Dan untuk mendapatkannya aku sudah tahu sebuah cara, seperti pada 2 Tawarikh 27:6 tadi aku menjadi kuat karena mengarahkan hidupku kepada Tuhan Yesus Kristus. Semua ini ku imani dalam Tuhan Yesus Kristus, karena Dia lah yang akan menjadikanku berhasil. AMIN!!!


By: Yotam Stefanditya

No comments:

Post a Comment